Rabu, 23 Juni 2010

Instalasi Joomla

Tentunya anda harus punya dulu file-file Joomla! yang bisa didownload di http://www.joomla.org versi terakhir adalah 1.5.8. Ekstrak file Joomla_1.5.8-Stable-Full_Package.zip ke folder /Xampp/htdocs. Ini adalah default root direktori untuk server Apache atau jika ingin di folder lain bisa menggunakan virtual directoy yang diatur di file httpd.conf. Biar nggak pusing ekstrak di folger htdocs saja. Ganti nama folder Joomla_1.5.8-Stable-Full_Package menjadi Joomla (biar nggak terlalu panjang). Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka kembali browser yang tadi ketik alamat http://localhost/joomla
2. Anda akan disambut dengan Choose Language, defaultnya adalah Bahasa Inggris Britania (United Kingdom), mohon maaf untuk bahasa Indonesia belum ada yang menterjemahkan. Kotak sebelah kiri adalah step/ langkah proses instalasi.
3. Klik Next akan muncul Pre-installation Check. Ini merupakan prosedur pemeriksaan settingan PHP, MySQL, Apache serta settingan direktori. Jika ada settingan yang tidak sesuai dengan rekomendasi akan berwarna merah. Untuk pemula tidak perlu dihiraukan. Lanjut dengan Next.
4. Adalah Lisensi Joomla dari GNU GPL, anda boleh baca sampai selesai atau langsung Next.
5. Database Configuration (Konfigurasi Database), pada Basic Settings untuk pilihan Database Type pilih mysql, Host Name ketik localhost, User Name ketik root, Password untuk sementara kosong (belum menggunakan password), Database Name ketik joomla, untuk prefix biarkan saja default.
6. Klik Next, berikutnya adalah konfigurasi FTP. Anda bisa kosongkan kemudian klik Next.
7. Jendela Main Configuration (Konfigurasi Utama). Nama situs bisa diisi terserah anda, Your E-mail masukan alamat email anda, Admin Password ketik password yang anda mau, Confirm Admin Password sekali lagi ketik password yang tadi.
8. Masih di jendela yang sama, pada pilihan Load Sample Data, anda pilih Install Default Sample Data, kemudian klik tombol Install Sample Data. Tunggu sampai muncul Sample Data Installation Success. Klik Next. Anda boleh melakukan langkah ini atau tidak (Jika dilewati berarti joomla anda belum ada isinya)
9. Finish, berarti anda telah selesai melakukan instalasi Joomla! Di sebelah kanan ada tombol pilihan Site dan Admin, sementara dibawahnya ada peringatan untuk segera menghapus folder installation yang terdapat pada folder joomla. Jika tidak dihapus anda tidak akan bisa menjalankan Joomla maupun melakukan Adminisrasi pada Joomla.
10. Anda buka Windows Explorer masuk folder Xampp/htdocs/joomla, cari folder installation kemudian delete.

Selamat, Anda telah berhasil menginstall Joomla pada komputer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar