Minggu, 03 April 2011

Investasi Terpenting Untuk Maju

Di era globalisasi seperti sekarang ini, apakah investasi yang terpenting untuk maju? Tentu setiap orang bisa mempunyai jawabannya sendiri-sendiri, tapi menurut saya inilah jawabannya:
Koneksi Internet pita lebar (broadband) tanpa batas (unlimited)
Bukannya apa-apa, saya hanya kagum dengan apa yang bisa kita lakukan dengan koneksi broadband unlimited seperti itu:
  1. Membaca perkembangan terbaru lewat RSSInilah kunci untuk bisa tetap up-to-date dalam bidang kita. Dari satu sumber ini saja begitu banyak yang bisa kita pelajari. Di antara empat poin yang saya tulis di post ini, poin pertama inilah yang terpenting. Meskipun tidak melakukan poin 2-4, dari sini saja kita bisa mendapatkan sangat banyak. Tentu dengan syarat kita bisa menggunakan RSS secara maksimal. Keuntungan lainnya, RSS tidak memakan banyak bandwidth sehingga masih bisa nyaman diikuti dengan koneksi yang limited.
  2. Mendengarkan podcast
    Poin 1 (RSS) masih bisa diikuti dengan koneksi broadband yang limited, tapi poin 2 ini mulai sulit. Ambil contoh This Week in Tech, salah satu podcast favorit saya. Setiap episodenya berukuran 20-50 MB. Dan jangan lupa bahwa masih banyak podcast lain yang menarik. Kalau bandwidth-nya limited, tentu dengan cepat kuotanya akan habis.


  1. Menonton video podcastIni merupakan perkembangan lanjutan dari podcast di poin 2. Kalau awalnya podcast hanya berbentuk audio, sekarang juga banyak podcast dalam bentuk video yang disebut video podcast. Bandwidth yang dimakan tentu lebih banyak lagi. Dengan bandwidth limited akan sulit untuk mengikuti video podcast.
  2. Menonton video-video lain
    Masih banyak video-video lain yang sangat berguna dan menambah wawasan, misalnya kumpulan video dari MIT World dan Google Tech Talks. Setiap file-nya bisa berukuran ratusan MB sehingga butuh koneksi unlimited untuk bisa diikuti dengan nyaman. Jangan lupa juga dengan video dari sumber-sumber seperti Youtube.
Melihat ini, tidak heran bahwa salah satu ukuran sukses negara di jaman ini adalah bandwidth per kapita. Semakin besar bandwidth per kapita suatu negara, semakin besar peluang penduduknya untuk menyerap pengetahuan tanpa batas dari Internet.
Oya, ada satu hal penting yang perlu ditekankan di sini. Kalau keadaan kita belum memungkinkan untuk memiliki koneksi broadband unlimited, reaksi yang tepat bukanlah mengeluh. Ini sikap yang salah karena menyalahkan pihak lain untuk kemajuan diri kita. Yang bertanggungjawab untuk kemajuan pribadi kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Jadi jangan menyalahkan pemerintah atau siapa pun kalau fasilitas kita terbatas.
Sikap yang tepat adalah menggunakan semaksimal mungkin apa yang kita punya. Banyak orang yang mengeluh tidak memiliki koneksi Internet yang bagus sebenarnya tidak memanfaatkan secara maksimal koneksi Internet mereka saat ini. Yang terpenting bukanlah fasilitasnya, melainkan kehausan dalam diri kita. Kalau haus pasti ada jalan. Kalau tidak haus, koneksi broadband unlimited pun hanya dibuat main game dan bersenang-senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar